• SEKOLAH PEDULI,BERBUDAYA DAN CINTA LINGKUNGAN

    BERBUAT UNTUK LINGKUNGAN

    Go Green School 2013, adalah gerakan membangun sekolah peduli,berbudaya dan cinta lingkungan. Program ini di laksanakan di Daerah Istimewa Yogyakarta selama tahun 2013 dengan menitik beratkan menciptakan kader lingkungan di tingkat warga sekolah yakni siswa,orang tua siswa,guru,kepala sekolah,komite atau dewan sekolah serta masyarakat di lingkungan sekolah.
    Dalam kegiatan ini siswa di ajak langsung turut berpartisipasi mendukung sekolahnya menjadi sekolah Adiwiyata Unggul dan berkwalitas sehingga berbagai pembelajaran dalam setiap mata pelajaran dapat di laksanakan dalam kehidupan keseharian di lingkungan keluarga dan rumah.
    Go Greenschool 2013 di prakarsai oleh Lembaga Secercah Harapan Indonesia dengan melibatkan langsung peran Pemerintah melalui Badan atau Dinas terkait,Perguruan Tinggi ,dan sektor Dunia Usaha.
    Program ini di persiapkan dalam kerangka jangka panjang yakni 2013 -2023 dengan tujuan mempercepat tumbuh kembangnya Sekolah berwawasan lingkungan di setiap Kota dan Kabupaten di DIY pada khususnya dan di Indonesia pada Umumnya.
    Untuk mengetahui lebih lengkap dan membangun kerjasama silahkan kontak 087 838185977 atau email di partnership@shind.or.id dan kunjungi www.shind.or.id

    Earth Hour Yogyakarta 2013




    EARTH HOUR adalah salah satu kampanye WWF, organisasi konservasi terbesar di dunia, yang berupa inisiatif global untuk mengajak individu, komunitas, praktisi bisnis, dan pemerintahan di seluruh dunia untuk turut serta mematikan lampu dan peralatan elektronik yang sedang tidak dipakai selama 1 jam, pada setiap hari Sabtu di minggu ke-3 bulan Maret setiap tahunnya.  
    1. Tahun 2007, EARTH HOUR diadakan pada tanggal 31 Maret 2007.
    2. Tahun 2008, EARTH HOUR diadakan pada tanggal 29 Maret 2008.
    3. Tahun 2009, EARTH HOUR diadakan pada tanggal 28 Maret 2009.
    4. Tahun 2010, EARTH HOUR diadakan pada tanggal 27 Maret 2010.
    5. Tahun 2011, EARTH HOUR diadakan pada tanggal 26 Maret 2011.
    6. Tahun 2012, EARTH HOUR diadakan pada tanggal 31 Maret 2012.
    7. Tahun 2013, EARTH HOUR diadakan pada tanggal 23 Maret 2013


    EARTH HOUR berawal dari kampanye kolaborasi antara WWF-Australia, Fairfax Media, dan Leo Burnett untuk kota Sydney, Australia, dengan tujuan mengurangi gas rumah kaca di kota tersebut sebanyak 5% pada tahun 2007. Keberhasilan kampanye ini diharapkan dapat diadopsi oleh masyarakat, komunitas, bisnis, serta pemerintah lain di seluruh dunia sehingga seluruh warga dunia dapat menunjukkan bahwa sebuah aksi individu yang sederhana sekalipun bila dilakukan secara massal akan membuat kehidupan kita di Bumi menjadi lebih baik.  Tujuan kampanye Earth Hour Indonesia, yaitu :  
    Menjaring sebanyak-banyaknya individu, rumah tangga, dan bisnis untuk ikut mematikan lampu sebagai simbol kontribusi mereka terhadap perubahan iklim
    Mengedukasi masyarakat mengenai ancaman pemanasan global dan apa yang bisa setiap individu lakukan untuk membuat suatu perubahan dalam kehidupan mereka sehari-hari dalam mengurangi emisi mereka
    Menjaring partisipasi korporasi untuk mengomunikasikan EARTH HOUR, baik staf maupun jejaring eksternal untuk berkomitmen mematikan lampunya pada jam yang ditentukan dan melakukan perubahan kebijakan dalam pengunaan energi
    Mengajak masyarakat untuk melakukan perubahan gaya hidup menjadi lebih ramah lingkungan
    1. Memberikan preseden baik agar EARTH HOUR dilakukan setiap tahun
    2. Mengukur perubahan emisi gas rumah kaca di Jakarta
    3. Memperoleh kurang lebih 500,000 orang pendukung EARTH HOUR, melalui kampanye online EARTH HOUR Indonesia di web, facebook twitter, dan mailing list
    4. Kegiatan komunitas masyarakat di Jakarta dan 4 kota besar lainnya di wilayah Jawa-Bali (Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Malang, Bali)
    5. Dukungan dari Walikota 5 wilayah DKI Jakarta, Gubernur DKI Jakarta, Presiden, Menteri Lingkungan Hidup, dan Dewan Nasional Perubahan Iklim
    6. Dukungan dari pemerintah daerah dan publik di kota-kota besar lain yang menjadi target EARTH HOUR



    Di 5 tahun mendatang diharapkan: 
    Kampanye Earth Hour menjadi kampanye tahunan di kota-kota besar di Jawa & Bali yang konsumsi listriknya tertinggi di Indonesia
    Terjadi perubahan gaya hidup hemat energi di kota-kota tersebut
    Indonesia mengembangkan inisiatif bangunan hemat energi dan ramah lingkungan
    Indonesia mengembangkan sumber listrik baru terbarukan di daerah-daerah yang sejauh ini belum mendapat akses listrik

    Earth Hour 2013 di Yogyakarta salah satunya di laksanakan di Carrefour Maguwo Yogyakarta, dengan acara cukup sederhana bersama yakni melakukan sarasehan bersama sekolah-sekolah Greenschool di DIY. Selain itu memutar Film yang kampanye dampak Perubahan Iklim dengan menghadirkan siswa dan siswi perwakilan sekolah.

    Selain itu Carrefour Maguwo juga membagikan dooprise kepada semua hadirin termasuk memberikan bingkisan kepada pelanggan yang datang belanja pada saat itu.

    Gerakan Earth Hour yang di laksanakan sebagai bagian komitment Carrefour untuk mendukung program dalam pengurangan resiko akibat perubahan iklim.